Sepeda motor berbahan gas LPG… Inovasi anak bangsa yang jempolan namun….

(foto : Didik Dono Hartono)

(foto : Didik Dono Hartono okezone)

Guru Sekolah Ciptakan Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji

Seorang guru Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung bernama Sri Suryana Dwi Atmaja di Temanggung Jawa Tengah berhasil membuat terobosan baru dalam penggunan bahan bakar gas LPG (3 kg). Temuan ini diklaim lebih irit dan ramah lingkungan dibanding menggunakan bahan bakar premium.  Pada temuan ini diperlukan beberapa penyesuaian komponen yang dibutuhkan, yaitu tabung gas dan selang regulator  juga dibutuhkan sebuah converter sebagai penyeimbang udara yang masuk ke karburator. (converternya ditemukan sendiri oleh Suryana). Total biaya saat eksperimen tersebut sekitar Rp2 juta. Namun dia dapat membuat modifikasi serupa dengan biaya lebih murah sekitar Rp1 juta.  Untuk jarak sekitar 200 hingga 250 kilometer  hanya dibutuhkan 1 tabung gas LPG 3 kg. Menurut Suryana  produk buatannya  aman dan tidak mudah meledak, karena pembakaran terjadi diruang bakar mesin.

Secuplik berita yang saya ambil dai okezone.com… Penemuan ini layak mendapatkan apresiasi yang sebesar-besarnya, solusi ditengah susahnya mencari BBM premium… Kreatifitas dari seorang guru yang layak mendapat dua jempol yang layak ditularkan kepada warga Indonesia lainnya. Namu dibalik penemuan yang sangat membanggakan tersebut terimpam beberapa resiko yang tentunya harus juga diperhatikan beberapap hal yang diantaranya adalah faktor safety. Memang semuanya mengandung resiko namun risiko itu harus se minimal mungkin demi keselamatan bersama.

Dari gambar diatas gas LPG 3 kg ditempatkan di belakang sepeda motor, terus dihubungkan oleh regulator dan selang menuju konverter, baru menuju karburator. Sifat dari Gas LPG adalah mudah terbakar dan explosive sehingga apabila terjadi kebocoran gas dan ternyata ada percikan api maka anda bisa bayangkan sendiri apa yang terjadi!!! Bloommmm!!! ini yang harus dipahami!!! Gas LPG di dalam tabung 3 kg tersebut dikompresi sehingga terjadi perubahan dari fase gas ke fase liquid, ini juga mempunyai potensi bahaya sebab tidak semua tempat parkir di tempat umum punya atep dan bila parkir di tempat yang panas pressure tabung bisa meningkat akibat pemuaian dari gas LPG yang ada di dalam, ini juga perlu diperhatikan… Belum lagi potensi orang iseng yang tega menyabotase sistem BBG tersebut mengingat semua peralatan BBG berada diluar casing motor sehingga sangat mudah untuk disabotase… dan perlu dirubah kembali untuk merubah sistem bbg di dalam body yang tertutup.

Sekali lagi saya pribadi menyampaikan apresiasi yang besar atas inovasi anak negeri namun utuk dipertimbangkan lagi tentang aspek safety lagi…

Ingat Safety tidak bisa ditawar lagi mengingat Nyawa tidak diperjualbelikan di pasar loak!!!!

Source :

http://autos.okezone.com

—-Salam Hangat From Borneo Etam—-

— Berusaha berbagi walau satu huruf —

About these ads

47 thoughts on “Sepeda motor berbahan gas LPG… Inovasi anak bangsa yang jempolan namun….

  1. Icaq's mengatakan:

    Kalo saja ada solusi masalah safety nya…ini satu terobosan teknologi u mengurangi konsumsi BBM yg makin langka.

  2. *agung mengatakan:

    gak bisa pertamax, shell super aja lah…
    betul tuh mas…safety ndak bisa ditawar…kecuali kaya kucing yg punya 9 nyawa…
    *hehehehe

  3. umarabuihsan mengatakan:

    kanzen dah pernah ada hybrid kaya gini, tapi 3s yang gak mantep bikin konsumen gak mau perpaling dari jepang

  4. Kumaha Aing mengatakan:

    sebenernya orang indonesia tuh pinter2… cuman pemerintahnya aja ga mau dukung, kalah ama negara tetangga.

  5. x mengatakan:

    pernah denger juga dulu ada putra bangsa yang berhasil bikin motor berbahan bakar air, kayaknya lebih ekonomis dan ramah lingkungan tuh.
    tapi gimana kelanjutannya ya? sepi gak ada kabar beritanya lagi.? hehehe, inovasi terhenti deh.

  6. foens mengatakan:

    namanya jg experimen bro…. kalo sdh skala produksi juga gak mungkin kayak gitulah …

  7. adjokasep mengatakan:

    kanzen udah ada prototype yang tabungnya disimpan dibawah jok……

  8. asmarantaka mengatakan:

    awas njeblug :mrgreen:
    sip lagi kalo HP nya juga android..kan sama2 ijo :mrgreen:

  9. Iksa mengatakan:

    tidak ada niat pemerintah untuk meningkatkan motor BBG .. di Cina motor bahan LPG banyak sekali

  10. DWI ATMAKA SANG PERAKIT mengatakan:

    Terima kasih atas apresiasi Anda semua. Motor bbg elpiji tersebut telah sy lengkapi dg Gaster yaitu alat khusus rakitan saya, sehingga akan safety aman, irit, dan ramah lingkungan. Kini dgn 3 kg gas elpiji dapat menempuh jarak 330 km.
    Memang saya sdg mencari pengembang. Dan sy yakin suatu saat bangsa dan masyarakat membutuhkan rakitan karya sy ini.
    Silahkan hubungi sy pak Dwi Atmaka di 085228142403

    • joetrizilo mengatakan:

      suatu kebanggan Bapak Dwi berkunjung ke blog kecil ini… Saya sangat mengapresiasi penemuan Bapak Dwi… Semoga temuan bapak ini bisa menambah kepercayaan Bangsa Indonesia untuk selalu berusaha memajukan bangsanya sendiri….
      Juga semoga mudah-mudahan Bapak Dwi bisa mendapatkan rekanan yang bisa mengembangkan produk temuan bapak agar bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat kita….
      Sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Bapak Dwi, dan artikel saya itu hanyalah sebuah masukan untuk kesempurnaan temuan bapak…

  11. sahir Ali mengatakan:

    yg mesin bensin pakai gas itu soal awam saja. cuma orang takut njeblugnya. yg perlu di akal-akali hanya antara tabung gas dengan karburator saja. soal pak Guru, beliau pemberani faham akal akalannya. Kenapa orang2 di LIPI hanya tidur dan makan gaji, kreatif dong. Lipi tdk usah riset luar angkasa segala, nggak bakalan ada hasil duitnya, biar Amerika saja. soal gas njeblug, mereka bawa satu kapal gas jg jln, yg 3kg takut. belum lagi klu nuklir mas! Org pinter kita imejnya “cara menkorup agar tdk tpenjara

  12. edie nganjuk mengatakan:

    pak guru,,,,sama2 guru minta gambar lengkap nya,,biar motor dam mobil butut saya yg pke carbu bisa pke lpg,,,gaji biar gk habis,,berikut gmbar gasternya pak dwi

  13. Nurdijono mengatakan:

    Saya butuh konverternya untuk dipasang di generator 5.5 pk brbahan bakar premium.dimana alamat pencipta konverter itu ya?

  14. Fatih Khamdani mengatakan:

    Perkenlkan Pak, sy Fatih Khamdani, mahasiswa Tenik Mesin UNDIP. Saya berencana melakukan penelitian untuk skripsi tentang motor LPG. Insya-Allah saya akan menghubungi Bapak secepatnya. Terima kasih Pak..

  15. Baju Bali mengatakan:

    semoga aja ekperimennya bisa berlanjut dan bermanfaat bagi semua orang,jd kita bisa mengurangi konsumsi BBM dan lebih ramah lingkungan

  16. Ardiyansyah mengatakan:

    Selamat siang
    Saya mahasiswa UNNES
    Saya sangat tertarik dengan inovasi bapak, sya jg lagi berusaha untuk mengembangkannya lwat program kreativitas mhasiswa di kampus pak, kalau berkenan bolehkah saya mngetahui konsep itu beserta gambar yang sangat detail untuk saya kembangkan dengan baik demi kemajuan bangsa ini, terima kasih
    Ardiyansyah UNNES Semarang

    email saya ardian_three@yahoo.com

  17. pascale mengatakan:

    terima kasih infonya, sangat berguna.
    sebagai tambahan, untuk melihat gambar proses pembuatan alat konversi bbg lpg, bisa dilihat di:
    motor-lpg.blogspot.com

  18. Chamdan syarief mengatakan:

    Luar biasa,saya pnginn bisa belajar spt itu..

  19. asu edan mengatakan:

    hebat mas pemerh aja g tanggap pean dah maju selangkah. Klu perlu indo bikin mesin mtr pertama d dunia berbhn bkr bbg, jgn sampe d duluin cina

  20. oklek33 mengatakan:

    saya memberikan sedikit info mugkin bis berguna untuk masternya atau pemodif yng lain yang mungkin lebih sedikit safty
    anda jangan menggunakan gas elpiji yang 3kg gunakan yang berbotol kecil yg dikhususkan untuk kompor kamping,yg sebesar cat spray kalau keelakaan meledkny tk terlalu besar tapi masih bisa membunuh juga namun tak sebesar 3kg atau dg tab sebesar botol cat spray kita bisa membuat doble tab dg besi pelt yg tebal sebagai tab untuk tab elpiji itu semoga berguna

  21. Marlie Soedekdo mengatakan:

    Inden produk motor ke Jepang aja (Honda/Yamaha/Suzuki/Kawasaki) atau produsen2 motor di China aja, yg langsung jadi sebuah unit sepeda motor yg berbahan bakar LPG tabung 3kg, tabung bisa disembunyikan di bawah jok, jd bisa lebih aman,…..pasti laris deh, aku mau inden 1unit kalo ber-merk Jepang aja, karena safety” pasti sudah diperhitungkan dgn baik

  22. Ngadimen mengatakan:

    Top Markotop….untuk Mas Guru.
    Anda telah mengetarkan dunia per-BBm-an(pom bensin kok dilawan).
    Maju terus….

  23. michael mengatakan:

    mau coba………ini luar biasa mas

  24. suwandi mengatakan:

    Biasakan kita punya kreatif ….jangan … konsumtif saja….kalo buat ..anak … paling gampang …pas bbm naik stress sampai presidennya budeg APBN tekor.. mau nangis nggak bisa mengadu ma siapa ? sekecil apapun saya hargai apalagi maksud nya mengirit …. bagus bro !

  25. suwandi mengatakan:

    Asal tau saja bro, kalau pemimpinnya seneng kotak katik ilmu alam ok yes… ( kaya pak Habibie )… eh … yang di cipta lagu maning lagu maning……..mual….bosen…….

  26. Mas Tekop mengatakan:

    salut atas kreatifitasnya. anak bangsa ini kreasinya banya sayangnya kurang dapat support dari lingkungan. masalah keamanan menurut saya bukan masalah, selama kita ngiket tabung dengan benar, jangan asal-2an, pake selang yang bener jangan asal selang, atau mgejar murahnya saja. toh ini demi diri kita sendiri kan. dari pengalaman teman-2 tabung 3kg bisa digunakan sampai dengan 250km dan kecepatan bisa mencapai 90km/jam. lumayan kan untuk motor.
    dengan kreatifitas ini kan kita bisa MENOLONG pemerintah ngirit dana subsidi BBM, asal jangan habis ini ganti gas yang dipermasalahkan karena gas juga disubsidi.
    atau kalo digunakan dengan sistem hibrid, kalo sistem ini bisa menghemat bb, sd 50% kan sama dengan kita beli pertamax dengan harga bensin sekarang. dengan demikian problematika bbm di negara tercinta ini bisa diatasi kan ……….

  27. bambang permadi mengatakan:

    ya lumayan,,,,,juga goblok pemerintahan setempat mesti nya di dukung anak indonesia yang kreatif.
    ,,, litbank isdm kon turu ae makan gaji buta,,,,terus kreatif bossssssssss,,,,,biar orang besar berantem,,,,

  28. Eka Suka Gila mengatakan:

    gimana kalau mengunakan biogas?saya rasa dengan biogas resikonya akan lebih kecil.

  29. udokowito mengatakan:

    teruskan kudukung,seharusnya pemerintah ikut mendukung anak bangsa
    yang hebat ini. salut……………..

  30. myanimelist.net mengatakan:

    Everything is very open with a really clear explanation
    of the challenges. It was truly informative. Your site is very useful.

    Thank you for sharing!

  31. binary options weekly mengatakan:

    What’s up all, here every person is sharing these familiarity, therefore it’s fastidious to read this website,
    and I used to pay a visit this blog everyday.

  32. blog.com mengatakan:

    What’s up to every body, it’s my first visit of this webpage; this website
    contains awesome and genuinely good data in support of visitors.

  33. Rizal mengatakan:

    Dri pda inden nya dijepang lbh baik inden di tanah air sendiri.
    Oh ya tabung gas lebih baik posisi di blakang dibanding di dlem ijok, krna klo lg perjalanan jauh penguapan panas lbih besar dri mesin.

  34. Kang Mulyantoanto mengatakan:

    saya telah memakai lpg konverter kit rakitan saya pribadi hampir 1 tahun saya pasang di spd motor saya, dan tanpa masalah sampai saat ini, Biaya yg dibutuhkan sekitar 300rb. Lpg konverter kit rakitan saya ini dpt di terapkan/dipasang hampir pada semua spd motor 4 tak, termasuk bebek,matic, injeksi bahkan bisa pula dipasang pada genset baik yg berbahan bakar solar/diesel maupun bensin. Mau info bisda hub saya, mulyanto : 083849867558

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s