Jalan-jalan ke Balikpapan… Siapa mau ikut???

Kota Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur, Kota Minyak adalah sebutan dari Kota Balikpapan. Disebut Kota Minyak karena banyak perusahan perminyakan yang beroperasi dan berkedudukan di Kota Balikpapan. Topografi dari Kota Balikpapan adalah perbukitan-perbukitan namuntidak terlalu terjal. Kota Balikpapan juga sebagai pintu gerbangnya kalimantan Timur, karena Balikpapan punya Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang. Kota Balikpapan juga termasuk bersih dan rapi (dibanding dengan Samarinda)…

Untuk menuju ke Kota Balikpapan dari Bontang bisa ditempuh melalui 3 jalur, yaitu darat, laut dan udara… namun yang umum biasa dipakai adalah jalur darat dan udara. Jarak antara Balikpapan-Bontang sekitar 220 KM dan untuk mode transportasi darat selain menggunakan kendaraan sendiri juga bisa menggunakan bus umum, bus patas serta travel. Untuk tarifnya lumayan murah kok, Bus patas : 90 rb sedangkan travel  : 150 rb…. Jalan-jalan kali ini saya tidak membawa kendaraan sendiri, saya pilih menggunakan sarana transportasi udara. Bontang-Balikpapan ada 2 Pesawat yang setiap hari bolak-balik Bandara Sepinggan – Bandara LNG Badak. Pesawat-pesawat ini merupakan pesawat charter khusus, PT Badak NGL mencarter dari Indonesia Air sedangkan Pupuk Kaltim melalui YKHT menggunakan jasa pesawat dari Pelita Air Service. Kedua pesawat carteran ini khusus melayani karyawan dan keluarganya, jadi bukan untuk masyarakat umum… harga tiket juga termasuk agak mahal, untuk karyawan dan keluarga dikenakan charge 200 rb sedangkan pihak ketiga dikenakan biaya 600 rb.

Untuk menempuh perjalanan dari Bontang ke Balikpapan dan sebaliknya diperlukan waktu tempuh sekitar 45 menit. Pesawat mempunyai kapasitas sekitar 48 orang dengan jenis pesawat baling-baling Dash Seven. (kalo nggak salah bikinan Kanada)… Sedangkan kalo menggunakan perjalanan darat, waktu yang butuhkan sekitar 6-7 jam dengan kondisi jalan yang naik turun serta berkelok-kelok dan menempuh jarak 220 KM….

Di Kota Balikpapan ada banyak hotel baik yang berbintang maupun yang melati.. Untuk yang bintang 3 rata-rata pernetnya sekitar 425 rb (kamar standart) sedangkan untuk kamar superior sekitar 500 rb… Dan untuk kali ini sayada istri serta putri saya memilih Hotel Bahtera karena saya tidak membawa kendaraan sendiri sehingga cari yang simpel aja, pertimbangan lainnya karena lokasi Hotel Bahtera cukup strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan… juga karena pelayanannya baik di Menara Bahtera maupun Adika Bahtera lumayan bagus…. Oh ya… Hotel Bahtera itu ada dua, Adika Bahtera dan Menara Bahtera, namun tetep sama pemiliknya…

Sedikit tentang lalu lintas Kota balikpapan. Jumlah kendaraan baik R2 dan R4 di Kota Balikpapan cukup banyak sehingga kendaraan harus berjalan pelan namun tidak macet kecuali jam-jam tertentu… Tingkat ketertiban penguna jalannya cukup baik ketimbang di Kota Samarinda yang tidak tertip sama sekali. Disini angkot ato kalo orang sini biasa menyebutnya dengan taksi terbilang cukup banyak, namun sebagian besar kondisi angkot masih lumayan cukup bagus, selain itu kebanyakan angkot dilengkapi dengan fasilitas sound system yang keras, mirip jualan kaset berjalan gitu….

Untuk sementara sekian dulu cerita saya, ntar saya sambung lagi….

—-Salam Hangat From Borneo Etam—-

— Berusaha berbagi walau satu huruf —

Bontang-Balikpapan di dalam gambar :

Bandara LNG Badak

Bandar Udara LNG Badak Bontang

Ruang Tunggu Bandara LNG Badak Bontang
Antri Menuju Pelita Air Service

Pelita Air Service Dash 7Tiket sekaligus Boarding pass Pelita Air Service

Sunset di Novotel Hotel Balikpapan

About these ads

18 gagasan untuk “Jalan-jalan ke Balikpapan… Siapa mau ikut???

  1. mampus mengatakan:

    Ogahhhhhhhhhhhhhh ga berani pake pesawat baling22 …. syeremmmmmmmmmmm

  2. moch rasyiid mengatakan:

    daerah kaya raya….

  3. Tjile mengatakan:

    pernah nyampe Sangatta naik Airfast berasa kayak naik Bajaj terbang dan pas landing liat bandaranya wuih kayak lapangan bola ckcckckckck…ini Indonesia Bro…..

    • joetrizilo mengatakan:

      Kalo Airfast di sangata, pesawatnya kecil lebih kecil dari Dash 7 Bontang… kao Dash 7 tidak terlalu menakutkan… Insyaallah safe kok…..
      BTW Airfast itu carteran khusus PT Kaltim Prima Coal ya???

  4. azizyhoree mengatakan:

    pernah pengalaman sekali naik yang type propeler sama anak-istri engine nya mendenging mirip ninja 250 nguiiiinggg

    ATR 72-500 ,buatan prancis 2011, kabin nyaman sich *baru gitu, tapi tetep pas take off + landing serasa jet coaster ngeri2 linu agak bikin leher mirip dicolek UG! jadi takut2 gimana gitu :mrgreen:

    yg jet , paling ga 737-400 ER ga bisa landing nang kono mas? :roll:

    • joetrizilo mengatakan:

      Bisa tapi harus sepinggan, kalo di Bontang yo bisa cuman landingnya terus ke Kuburan…. xixixixiiii..
      **** Run Way cuman 1000 M habis itu berbatasan dengan Kilang Gas LNG Badak….

  5. kangmase mengatakan:

    medeni pesawate…

  6. boy mengatakan:

    Saya pernah naik pesawat baling2 juga mas gak serem2 amat kok…, kecil pesawatnya..cuman muat 17 penumpang. Gak ada pramugari pula…yang ada pilotnya keluar kokpit buat ngedarin minuman. Untung gak lama cuman 1jam 45 menit (darwin-kupang)

  7. Tetangga Rumah sedang menyamar….. [intip intip ]

  8. Salam kenal dari Bontangers….Sukses….Asyek nya jalan jalan terus…

  9. adit mengatakan:

    mas minta info travel bpn-bontang dong…

  10. dimna bisa dapetin tiket pesawat ke bontang? help ya?

    • joetrizilo mengatakan:

      Untuk tiket pesawat bpp-btg, tidak dijual bebas alias hanya untuk kalangan terbatas…. pesawat tsb hanya melayani karyawan serta keluarganya atau tamu kedua perusahaan yaitu pt badak dan pt pupuk kaltim. Jadi tidak ada counter yang menjual tiket tsb… trima kasih…

  11. helped yaaaaahhh? plissssssss

  12. Dari Bontang mengatakan:

    Permisi, saya ingin menanyakan harga tiket dari Bontang-Balikpapan dengan pesawat Dash7. Ayah saya seorang karyawan PKT, dari info yang saya dapat, ada yang bilang harga tiket 500rb, 600rb, dan yang ini malah 200rb. kira2 mana yang benar ya? :) terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s