Lebih Dekat Dengan Nissan Grand Livina

Yah… ini masih posting lanjutan dari artikel saya yang sebelumnya..

Grand livina bukanlah produk baru ( ya.. iyalah!!! semua juga tahu!!! :D ) dan pastinya sudah banyak tulisan-tulisan baik dari blogger, milist ato media online yang yang membahasnya secara lengkap… Namun tidak ada salahnya jika saya berbagi pengalaman dengan apa yang saya ketahui dan rasakan. Di artikel ini, saya akan mencoba menuliskan tentang interior serta yang lainnya.

Kabin Grand Livina cukup lapang.

Salah satu faktor yang membuat saya tertarik untuk meminang Grand Livina adalah kabinnya yang lapang, walaupun tidak selapang Toyota Inova. Namun jika dibandingkan dengan Avanza, Grand Livina masih lebih lapang.  Untuk kursi di barisan depan cukup lapang, kaki dari pengemudi maupun penumpang masih bisa selonjoran tidak mentok. (untuk ukuran tinggi orang Indonesia 160-170 cm). Di barisan tempat duduk kedua juga masih terasa lapang, kaki tidak mentok ke jok depan dan desain jok tidak membuat penumpang untuk duduk tegak, sedangkan kursi di barisan ketiga tidak selapang barisan kedua namun masih lebih baik daripada Avanza. Ternyata selain dari dimensinya yang memang lebih besar dari Avanza, Para desainer yang merancang Grand Livina cukup cerdik untuk membuat penumpang di baris kedua bisa selonjoran kaki, yaitu dengan mendesain bagian belakang dari jok baris pertama dibuat cekung, dan dari desain bagian belakang yang cekung inilah membuat kaki-kaki di penumpang bagian tengah tidak mentok pada jok baris pertama.

Bagaimana dengan Fiturnya?

Fitur yang disematkan pada Grand Livina juga tergantung dengan serinya. Namun ada beberapa fitur yang menjadi standartnya seperti power window, central lock serta audionya. GL  yang saya pinang seri XV tahun 2009, pada GL XV tahun 2009 ini minus elektrik mirror dan sensor parkir dan kelebihan dari seri standarnya adalah penambahan stop lamp. Bagi saya elektrik mirror ini cukup penting, karena akan lebih mudah untuk mengatur posisi mirror pada spion kita (ndak usah buka kaca)…. Untuk Audionya cukup lumayan, walaupun hanya mengandalkan CD saja, tidak ada fasilitas untuk MP3 player. Sedangkan output suara yang dihasilkan dari sistem audionya ya cukuplah…. tidak terlalu cempreng … :D. Sedangkan untuk indikator-indikator seperti RPM, Fuel, Temperature, Speed dll… yah cukup mudah di baca dan dimengerti…..

Bagasinya cukup lapang.

Ini juga yang saya suka, Bagasi yang lapang apalagi jika kursi di barisan ketiga dilipat, jadi tambah lapang. Kursi di barisan ketiga jika dilipat akan menghasilkan kesan yang lebar karena bagian belakang kursi barisan ketiga menjadi lantai bagasi.

Kecerdikan dalam sistem pendingin ruangan.

Sebelumnya saya mengira Nissan GL ini menganut double blower seperti pada Avanza. Saya mengira Consol AC pada tengah kursi baris pertama itu double blower, eh ternyata itu bukan double blower. Itu hanya ventilasi biasa tanpa blower. :D  Yah…. ini juga salah satu kecerdikan dari desainernya, Desainernya menaruh consol AC tanpa blower di bawah di tengah jok depan. Kebutuhan pendinginan kabin bagian tangah dan belakang tercukupi dengan consol AC tersebut namun masih irit bahan bakar karena tanpa harus menggunakan dua blower. Smart!!!!

Ada juga loh kekurangannya!!!!

Tidak ada produk manusia yang sempurna, karena kesempurnaan adalah mutlak milik Allah SWT. Demikian juga Nissan GL ini, salah satunya adalah:

  1. Suara berisik dari mesinnya akibat desain mesin yang presisi. Saya pernah menanyakan kepada mekanik di bengkel resmi Nissan tentang suara yang menurut saya agak kurang halus itu, namun menurutnya masih normal dan tidak masalah.
  2. Bagasinya walaupun lapang namun masih kurang tinggi, saya mencoba memasukkan sepeda anakku ke bagasinya… eh ternyata  hampir mentok dengan plafon… :D
  3. Indikator bensinnya terkadang naik turun sendiri, walaupun masih dalam batas normal lah….
  4. Desain Jok depan. Walaupun cukup nyaman namun terkadang istri saya yang duduk di samping saya agak kesusahan berbagi tempat duduk dengan anak saya.. Keisa… Saya terkadang tertawa geli melihat anak saya yang tidak kebagian jok akibat desain jok yang hanya presisi untuk satu orang saja… :D

Sekian sedikit berbagi pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat….

Salam;

Joe Trizilo

11 thoughts on “Lebih Dekat Dengan Nissan Grand Livina

  1. mildjourney mengatakan:

    mantab…jadi pengen juga nih minang sekennya…

  2. bjl mengatakan:

    nissan lagi naik daun. grand livina awal pemicunya.

  3. mochrasyiid mengatakan:

    wah….terbius jadi pengeeeen……..

  4. sasongko mengatakan:

    baru ambil juga november kemaren, pernah liat kursi tengah dilipat habis, tapi ga bisa2 dicoba… kira2 gimana ya caranya?

    • sukardi mengatakan:

      Caranya bagian tempat duduk dilipat dulu kedepan dengan menarik tali kaitnya, hanya bantalan kursi yang dilipat sementara penopangnya tidak bisa, kemudian lepas headrest lanjutkan dengan melipat sandaran hingga rata dengan penopang jok tempat duduk dengan menarik tali kaitnya.

  5. Aree mengatakan:

    Wuih jadi manteb menambatkan hati disini nih

  6. Diaz mengatakan:

    saya pngen sdikit ngasih saran y bro?!
    dalam artikel anda ada kalimat yg membanding²kan produk.
    dalam artikel anda ada kata² > Grand Livina
    adalah kabinnya yang lapang, walaupun
    tidak selapang Toyota Inova. Namun jika
    dibandingkan dengan Avanza, Grand Livina
    masih lebih lapang.
    anda membandingkan Grand Livina dengan Toyota Inova & Avanza.
    saya saranin klo mau membandingkan tlong jangan sebut Merk/ nama produknya. y pasti anda tau kan sedikit bnyak tentang hukum, apabila produk yg anda bandingkan tidak trima dengan tulisan anda, y ini hanya sakadar saran, semoga bsa dimengerti..
    pesanku tetap menulis yg baik tetap semngat..

  7. agus herlie mengatakan:

    sy punya Grand Livina 2010 type SV 1,5 sy blm pahan ttg control temperaturnya di dasboard kok gk ada…??? mohon penjelasan

  8. virgana mengatakan:

    Saya baru mau berencana mau cari All New Grand Livina matic, Nissan emang lagi naik daun, saat ini saya sudah puas dengan Teana mantep banget dengan mesin 6 selinder.

  9. Tengku Syahrian mengatakan:

    Mohon bantuan untuk rectifikasi : Engine lampu MIL yang seperti gambar mesin menyala? kira2 apanya ya yang perlu saya action ??

Berikan Balasan

