Kalo benar ya katakan benar!!!!!!

Pertengahan bulan November kemarin, akhirnya saya berkesempatan untuk bertemu dengan saudara-saudara saya dari mojokerto…. Yah… saudara satu kakek dan nenek yaitu Adam dan Hawa… Pertemuan yang singkat namun banyak hal positif yang bisa saya pelajari dari saudara-saudara saya Mojokerto.
image

Pertemuan dengan mereka seperti “nyicil hutang” karena sampai harus tiga kali untuk bisa bertemu secara komplit personelnya…. Pertemuan pertama antara saya dengan Cak Rahman dan Cak Ata, dalam pertemuan ini, saya sempat dibuat bingung, karena saya belum pernah sekalipun bertatap muka dengan kedua saudaraku itu…. jadi walaupun saya berdiri di depan keduanya, saya tak mengetahui kalo itu adalah mereka… hahaha… ( kurang ajar kon!!!!! Wong tuwo dikerjain)
Setelah melakukan ritual say hello lazimnya orang yang baru ketemu, akhirnya saya nurut saja diajak keliling Surabaya dengan honda civicnya Cak Ata dan sampailah pada pusat kuliner Surabaya town squere (sutros). Saya sempat bertanya alasan pemilihan sutros, ternyata mereka suka “yang bening-bening”…. waduh saya yang sudah tua ini diajak melihat yang bening-bening!!! Tapi ya ndak apa-apalah… sekali-kali ngimbangin anak muda…. he.he.he…. ternyata pilihan cak ata tidak salah, kok bening semua ya?!?! Pantas saja kedua anak muda ini enggan nikah… xixixiiii…
Ngobrol dengan Cak Ata yang mempunyai elemen tanah, api dan sedikit air cukup enjoy dan mengalir bak sungai brantas. Begitu juga dengan Cak Rahman, pria bongsor yang berelemen air, tanah serta sedikit api…. obrolan begitu cair sambil sesekali diselingi canda tawa… Dari membahas perblogeran, permotoran serta banyak topik yang enak lainnya, semua terasa enjoy penuh suasana kekeluargaan layaknya seperti sudah saling kenal puluhan tahun…
image

“Cicilan kedua” selepas sholat jum’at sampai sabtu besoknya, jadwal saya adalah bebas alias krida… hanya disisi dengan cari oleh-oleh dan lainnya, jadi boleh dikata suka-suka lah… Saya coba menghubungi kawan-kawan mojokerto, siapa tahu mereka ada waktu untuk sekedar ngobrol lagi… saya bbm Cak Ata, ternyata beliaunya ndak bisa… karena ada jadwal ngedate dengan seseorang (belakangan saya tahu usahanya sukses dan banyak anak gadis yang menangis… hiks..hiks..hiks…) namun di sore hari Cak Eko Deby menghubungi saya, katanya beliau ada waktu sedikit dan akan nyambangi saya di Surabaya… surprise buat saya , akhirnya saya bisa bertemu dengan ketiga orang mojokerto.
Elemennya api, tanah dan udara…. itulah kira-kira yang saya tangkap saat pertama kali saya bertemu dengan Cak Eko Deby… Ditemani oleh cak rahman, akhirnya kami bertiga meluncur ke McD deket hotel tempatku menginap menumpang honda jazznya Cak Eko Deby. Kami ngobrol ngalor ngidul membahas topik demi topik baik yang sifatnya santai, serius duarius serta yang super serius… Yah… apa yang saya perkirakan sebelumnya ternyata tak terlalu meleset, elemen api cukup dominan dalam diri Cak Eko ini namun elemen tanah masih menempati urutan kedua sehingga rasionalitasnya masih bagus…. he.he.he… Saya coba bertanya apa alasan mereka mentransformasi blognya dari blog selebritis menjadi blog pelita???? Apa ndak merasa sayang, mengingat menjadi blog selebritis bisa buat terkenal loh….. ” ndak sayang cak, kami lebih seneng bila kehadiran kami bisa menjadi pelita walaupun hanya kecil saja” itulah jawaban mereka… sederhana namun punya arti dalam…Saya jadi tertegun dan berfikir, tidak mudah bagi seseorang untuk merubah dirinya dari kondisi “nyaman” menjadi kondisi yang “kurang nyaman” dan mereka bisa melakukan itu…. sungguh luar biasa!!!!! Dan semoga apa yang mereka pilih tidak salah dan bisa mambawa manfaat untuk sesama…

“Edisi pelunasan”… Setelah saya chek out di sabtu pagi, saya berencana untuk pulang kampung halaman sebelum balik ke Kaltim, namun saya akan mampir dulu ke Mojokerto… Yah sebagai kunjungan balik, soalnya kawan-kawan mojokerto sudah dua kali menyambangi saya, kok rasanya kurang elok kalo saya tidak mampir ke rumah kawan-kawan ini. Akhirnya dengan menumpang bus Sumber Slamet eks Sumber Kencono, saya turun di terminal Mojokerto dan dijemput oleh Cak Eko serta Cak Ata… saya diajak keliling mojokerto sebentar dan akhirnya sampailah ke warung kopi… ternyata tak berapa lama, Cak Rahman dengan setelan seragam kerjanya muncul dan bergabung dengan kita bertiga… jadi komplit lah silahturami mojokertoan ini… kami berempat mengobrol dari masalah beras sampai masalah internal Obi, semua mengalir sampai tak terasa kopiku sudah mau habis…. he.he.he…. Di edisi pelunasan ini, saya ucapkan terima kasih pada Cak Eko yang telah sudi menjemput saya dengan honda jazznya juga pada Cak Ata yang sudah meninggalkan mbengkel mobilnya untuk ikutan jemput saya serta pada Cak Rahman yang sudi merelakan jam istirahatnya untuk menemani ngobrol saya….
Akhirnya jam 14.00, saya harus pamit untuk melanjutkan perjalanan lagi menuju ke kampung halaman diantar oleh Cak Eko dan Cak Ata menuju terminal mojokerto…. Saya berharap suatu saat saya bisa bersilahturahmi dengan ketiga kawan saya ini lebih panjang lagi agar ngobrolnya tidak hanya ngalor ngidul tapi bisa ngetan ngulon serta ngisor duwur….

Banyak nilai-nilai positif yang bisa saya ambil dan pelajari dari ketiga kawanku ini, yaitu :
1. Ketegasan dalam menyikapi permasalahan.
2. Keberanian untuk mentransformasi dari kondisi “nyaman” ke kondisi sebaliknya agar bisa lebih membawa manfaat.
3. Solidaritas tanpa batas terhadap kawan.
4. Keberanian untuk mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah walaupun resikonya besar.

Sekian dan semoga bermanfaat

Salam, Joe trizilo

5 gagasan untuk “Kalo benar ya katakan benar!!!!!!

  1. HRM® Corp mengatakan:

    Hakunamatata
    #salim sma cak joe

  2. Azdi - SociusRider mengatakan:

    cuk eko kapan nulis lagiii? :D

  3. bennythegreat mengatakan:

    opone sing benar?
    opone sing salah?

    #penasaran

  4. Maskur mengatakan:

    wah nek dolan Mojokerto jemputane mobil….jozzzz

Tinggalkan Balasan

