Mantab!!! Premium di Berau tembus Rp 12.000,- dan di batasi lagi!!!

Pulau Derawan yang ke-eksotisannya terkenal di mancanegara

Masih permasalahan BBM di Kaltim…. Mantab benar harga premium di Berau yang mencapai Rp 12.000 rupiah… Berau merupakan ibukota dari kabupaten Tanjung Redep, Kabupaten yang terkenal dengan pulau Derawannya. Untuk menuju ke Kabupaten Berau memang diperlukan usaha yang berat, jalur darat yaitu trans Kaltim kondisinya sangat-sangat memprihatinkan sehingga sangat berat dan tidak ekonomis sekali kalo dilalui. Jalur lainnya adalah jalur laut, jalur ini yang banyak dipilih untuk distribusi barang-barang termasuk juga BBM. Sedangkan jalur udara ada Bandar Udara Kalimaru yang sudah selesai di bangun kembali dan mampu untuk di darati Boeing 737-200 dan 737-300. Tercatat maskapai Batavia Air dan Trigana Air serta Sriwijaya yang sudah membuka rute ke Berau ini.

Kembali ke harga premium yang mencapai 12 rebu….. Harga ini adalah harga eceran pada para pengecer, harga ini terkerek mulai dari 6 rebu sampai 12 rebu diakibatkan dari kelangkaan BBM di kabupaten ini. Harga yang tentunya sangat-sangat mencekik masyarakat karena kenaikannya lebih dari 100%… Namun untuk harga Pertamax malah stabil di Rp 10.550,- bahkan menurut Petugas SPBU ; untuk Pertamax SPBU mensubsidi 50,- sehingga harganya jadi Rp 10.500,-…

Belum jelas kenapa kelangkaan BBM di Kabupaten Tanjung Redep bisa terjadi, yang jelas di kota saya di Bontang yang tidak terlalu jauh dengan Kilang Pertamina Balikpapan, kelangkaan juga kerap terjadi. Saya pernah tanya sama petugas SPBU, katanya quota BBM bersubsidi ke Bontang dikurangi. Jadi mau tidak mau masyarakat harus rela antri…. Untuk di Bontang sendiri harga bensin eceran 6.000 perbotol… Saya pernah membaca sebuah berita di harian surat khabar lokal bahwa menurut pihak Pertamina terjadi banyak penyimpangan BBM bersubsidi di Kaltim… Tidak dijelaskan modus penyimpangannya seperti apa….

Beda di Berau & Bontang sama di Tarakan… Kota yang berbatasan dengan Tawau Malaysia ini juga mengalami kelangkaan BBM bersubsidi. Di Tarakan pembelian BBM dibatasi, untuk Roda 2 di batasi maksimal 15 rb sedangkan Roda 4 dibatasi 150 rebu tiap harinya. Sesuai dengan surat edaran Walikota Tarakan No :510/670/DPPK&UMKM yang pengatur pembatasan pembelian BBM bersubsidi. Untuk mengawasi pelaksanaan Surat Edaran Walikota tersebut Pemkot tarakan berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Tarakan. Apabila ada yang melanggar maka akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku.

Yah…. memang sungguh ironi banget… Daerah penghasil minyak, Daerah pengolah Minyak (Kilang Balikpapan) kesulitan BBM… Seandainya terjadi penyimpangan harusnya penjahatnya yang ditangkap bukan masyarakat yang di gencet…..

Sekian dan semoga berguna…

—-Salam Hangat From Borneo Etam—-

— Berusaha berbagi walau satu huruf —

17 thoughts on “Mantab!!! Premium di Berau tembus Rp 12.000,- dan di batasi lagi!!!

  1. qo bisa harga premium lebih mahal dari pertamax …,
    ya mending beli pertamax sekalian aja …,
    gitu aja qo repot ….

    • @puls”pies” :
      Kejadian seperti ini pernah menimpa tempatku (Bontang), bahkan harga bensin eceran sempat menyentuh angka 20 rebu… Akhir tahun kemarin tepatnya bulan November 2010, saat itu jatah BBM untuk Bontang belum genab sampai akhir November sudah habis, maka dari itu suplay Bensin jadi sangat-sangat sedikit… Harga Bensin di SPBU 4500 sedang pertamax 7500. di tingkat pengecer harga bensin merangkak dari 8000 ke 20.000. itupun nyari eceran susah banget…. Pertamax yang harganya 7500 setiap datang langsung ludes hanya kurang dari 1 jam. ada 4 SPBU….. kejadian ini berlangsung sampai 2 minggu.. aBukannya orang tidak mau beli Pertamax namun setiap Pertamax langsung ludes juga, dan tidak ada eceran Pertamax… yang ada eceran Bensin dengan harga 20.000,-…..
      Nah kejadian di Berau ini mirip kejadian di Bontang….

  2. Kita disini sebenarnya tidak mempermasalahkan seandainya harga BBM dikerek ke 6000, cuman ketersediaan stock yang harus selalu terpenuhi… Disini Motor dah biasa nenggak Bensin eceran dengan harga 6000 /Botol…
    Kalo mekanisme Subsidi masih seperti ini, Beda pertamax dan Premium masih tinggi, maka penyimpangan BBM bersubsidi bisa dipastikan akan selalu ada apalagi dengan harga pertamax yang diatas 9 rebu, 2 kali lipat harga BBM bersubsidi, maka bisa dipastikan Kaltim akan selalu kekurangan BBM bersubsidi….

  3. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> https://lowonganterbaik.wordpress.com/

    • @ Mas Mitra : xixixixi….diganti pake kertas:mrgreen:
      @ Ludvi Aziz : Salam kenal balik…. Hobby diving ya???photonya kok pake perlengkapan diving.. Kalo mau ke Pulau Derawan, dari Berau naik apa kesananya???

      • Wah.. ini cuman snorkling saja.. kalau diving belom berani, coz blum punya sertifikat A1. Setahu ane kalau dari berau ke derawan bisa langsung dari berau via speed boat atau ke Tanjung batu dulu baru naik speed boat (berau-tanjung batu jalan darat 2-3 jam). Kalau kisaran harganya tergantung nego…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s