38 % Kecelakaan Kaltim disebabkan oleh kurang layaknya Sarana dan Prasarana!!!

Siapa sih yang mau ketimpa musibah kecelakaan di jalan raya??? pasti jawabnya pake koor…. Tidak mau…. Yah walaupun yang sudah dibekali polis asuransipun juga akan ogah  kena musibah!!!! ***sambil lirik Mas Nadi***

Lagi-lagi bicara Kaltim… lagi-lagi bicara jalan raya…. ya maaf bukannya apa-apa, karena aye berdomisili disini, ya sudah kewajiban aye memperkenalkan daerah sini, juga sudah banyak Blog yang mereview produk sepeda motor, ntar malah kasihan kalo motor membludak tapi tidak sebanding dengan jalan raya yang layak….

Data yang dirilis oleh Direktorat Lantas Polda Kaltim menyebutkan bahwa kecelakaan lalu lintas di Kaltim, penyebab utama kecelakaan Lalu lintas di Jalan Raya  ada 2 saja. Yaitu Human Error dan Kurang Layaknya sarana dan prasarana  jalan raya. Untuk peringkat pertama penyebab kecelakaan jalan raya dengan mengantongi 40% adalah Kesalahan Manusia (Human Eror) sedangkan Peringkat kedua dengan 38% disebabkan oleh kurang layaknya sarana dan prasarana jalan raya.

Data tahun 2009, total jalan raya di Kaltim yang mengalami kerusakan sepanjang 3.500 meter dan kebanyakan status jalan yang mengalami kerusakan adalah jalan negara. Lokasi jalan yang mengalami kerusakan terparah ada di Kabupaten Paser dan Penajam Pasir Utara (PPU)… dua kabupaten yang menghubungkan antara Kaltim dan Kalsel (kalo dari Kaltim mau ke Kalsel ya harus melewati 2 kabupaten itu).

Data di tahun  2009 menyebutkan ada 1.029 kasus kecelakaan lalu lintas jalan raya dan tahun tahun 2010 kasus kecelakaan ini meningkat menjadi 1.342 kasus kecelakaan lalin jalan raya. Peningkatan kasus itu bukanlah peningkatan prestasi yang membanggakan namun justru peningkatan kasus yang harus kita waspadai dan dicegah… Dari 1.342 kasus kecelakaan lalu lintas di Kaltim, 550 kasus disebabkan oleh Human Eror sedangkan ketidak layakan Sarana dan prasarana menyumbangkan 511 kasus.

Yang termasuk di dalam Human Eror atau kesalahan manusia adalah Ngantuk, tidak konsentrasi, lupa injak rem, BBM-an sambil nyopir, Nelpon & SMS sambil nyopir, mabok dan lainnya. Sedangkan yang termasuk kurang layaknya sarana dan prasarana adalah : Jalan berlubang, jalan rusak, tidak adanya rambu-rambu jalan, kurangnya penerangan, tidak adanya garis media jalan dan lainnya… Direktorat Lantas Polda sudah berusaha memperbaiki kurang layaknya sarana dan prasarana seperti penambahan rambu-rambu jalan raya yang kurang namun karena kemampuan yang terbatas  maka perlu perhatian dari berbagai pihak terutana Dinas-dinas perhubungan daerah-daerah untuk bersama memperbaiki ketidaklayakan sarana dan prasarana.

Di akhir paragraf ini saya hanya bisa menyampaikan kepada para pembuat kebijakan, Mohon kiranya sarana dan prasarana yang tidak layak agar diperhatikan terus diperbaiki, mengingat masyarakat pengguna jalan raya juga termasuk aset daerah, masyarakat juga sudah menyumbangkan kontribusi yang besar untuk kemajuan daerah.. Dan apa kata dunia nanti kalo daerah Kaltim yang kaya akan SDA masih banyak sarana dan prasana jalan raya yang tidak layak dan berpotensi besar sebagai tempat pembantaian masyarakatnya.

Sekian dan semoga berguna

—-Salam Hangat From Borneo Etam—-

— Berusaha berbagi walau satu huruf —

6 thoughts on “38 % Kecelakaan Kaltim disebabkan oleh kurang layaknya Sarana dan Prasarana!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s