Bongkar Pasang Central Lock Di Rumah… Bisa Kok!!!

Saat masih pegang Avanza, saya pernah ngalamin problem pada central locknya, Central locknya tidak mau ngunci saat remot ditekan kunci dan sebaliknya tidak mau membuka saat remot ditekan buka. Terdengar suara krrrreeeek di central lock saat dioperasikan, padahal “pistol” central lock +modul alarmnya barusan saya ganti. Akhirnya saya bawa lagi ke tempat variasi dimana saya memasang sebelumnya. Central locknya akhirnya dicheck ulang dan kata karyawan variasi yang mengeceknya ” bautnya kurang kencang”, dan setelah dikencangkan lagi, central locknya bisa normal kembali.

Namun setelah dua bulan ternyata problemnya muncul lagi dan bunyi prrrruuuuaaak menjadi lebih keras…. Males mau bawa ke Variasi lagi.. Akhirnya saya beranikan betulin sendiri, dan ternyata caranya guampang, cuman perlu kesabaran dan ketelitian saja…. Berikut step-stepnya :

  1. Parkir kendaraan ditempat yang teduh. (biar kita ndak kepanasen )
  2. Jangan lupa sarapan dulu  (bisa soto banjar ato nasi jagung… sama-sama murah dan enak)
  3. Siapkan kunci-kuncinya ( hanya obeng plus dan min saja )
  4. Buka pintu depan ( sisi pengemudi)
  5. Turunkan kaca full bawah saat akan membuka door trim. ( biar mudah)
  6. Buka 2 baut door trimnya.
  7. Buka Door trimnya slowly.
  8. Lepaskan soket kabel power window dan central lock
  9. Lepas plastik cover.
  10. Sebelum mengutak-atik pictol central lock, kacanya harus di posisi full ke atas.
  11. Buka pistol central lock
  12. Ganti dengan yang baru.
  13. Kencangkan baut supportnya lagi.
  14. Lakukan test dahulu sebelum ditutup door trimnya.
  15. Jika sudah bagus, kembalikan door trim seperti langkah sebelumnya.
  16. alhamdulillah yah…. sudah selesai dan bisa istirahat minum kopi plus ngrokok.

Yang perlu diingat adalah pemasangan pistol central lock yang tidak pas akan memperpendek usia dari pistol itu sendiri, mengingat semua bahan pistol dari plastik kecuali asnya yang dari besi. Untuk harga dari pistol aftermarket adalah sekitar 40 rebu rupiah.

Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Salam;

Joe Trizilo

Berusaha berbagi walau satu huruf.

20 thoughts on “Bongkar Pasang Central Lock Di Rumah… Bisa Kok!!!

  1. ini mah anak kecil juga bisa bos,yang paling penting cara mengatasi central lock yg tdk berfungsi semua…..atau sebagian pintu tidak jalan

    • @rio:sombong amat & mustahil kalo anak kecil bisa (daya nalar/logikanya belum sampai MasBro). Kuncinya memang di pistolnya, kalo tanpa dipasang dan ditest pistol ga jalan ya..rangkaian elektroniknya. Serahkan ke ahlinya. Yang disampaikan Joetrizllo cuma bentuk kreatifitas atau pertolongan pertama, jika mampu mengapa mesti orang lain.

  2. Ping-balik: Fanatik = Surga Uang Bagi Yang Pintar « Joe Trizilo

  3. Di foto atas ada benda dalam plastik apa ya mas bro, itu relay bukan?
    Kendaraan saya jg punya masalah yg sama. Soalnya dari artikel yg lain ada kemungkinan yg kena cuma relay-nya aja, bukan pistolnya. Krn sebelum ga berfungsi sama sekali, power lock mobil saya kadang gagal bekerja setelah mobil dicuci, tp bisa bekerja normal setelah beberapa jam kemudian, saya curiga relay basah kena air cuci/korslet. Saat ini power lock sdh ga bisa sama sekali. Btw utk pistol orinya berapa ya?

  4. Gimana kalau,4pintu yg 3pintu jalan semua( central lock) /normal end jika pintu ke 4 di sambung maka semua pintu ndak berfungsi, ni udah gua ganti modul,motor tetep ndak bisa…….

  5. pistol bgm cara bukanya ? bout ada sebelah mana ? mobil proton wira. kalo lagi macet dibuka dari luar pake kunci juga ga bisa. jadi door trim ga dipasang lagi

    • Terima kasih ya mas bro… sekali pun informasi harus di coba, tetapi hali ini sudah menambah wawasan saya…. jadi kalau sudah selesai pekerjaan nya saya tidak merokok dan ngopi, apa dong mas bro sebagai penggantinya?

  6. klo punya saya buat ngelock pake remote bisa (semua pintu terkunci)…tapi klo dipencet unlock yg gerak knob pintu bagian sopir,itu pun cuma gerak dikit. Klo knob nya ditarik manual yg di sopir…semua knob bisa terangkat. Itu kira2 apanya yg error ya mas bro?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s