Tips Membeli Mobil Bekas.

Memilih mobil bekas itu gampang-gampang susah, ibarat memilih seorang rondo yang akan dipersunting. Mau memilih yang rondo yang masih kempling, rondo muda beranak banyak atau rondo tua tur jelek… (ah malah mbahas rondo😀 )

Ada beberapa hal yang musti dijadikan dasar pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk memboyong mobil bekas itu. Jangan asal pilih tanpa pertimbangan yang bagus, bisa-bisa kantong anda akan tergerus biaya yang timbul untuk perbaiki mobil rondho yang salah pilih. Saya akan mencoba sharing beberapa hal yang bisa dijadikan dasar pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membawa pulang mobil bekas.

Berikut ini pertimbangan-pertimbangan sebelum meminang mobil bekas :

Anggaran.

Merupakan hal yang paling mendasar untuk pemilihan sebuah kendaraan. Seberapa besar kemampuan dana anda untuk memboyong mobil, apakah cukup untuk tahun muda atau yang tahun tua saja… Selain itu tentukan juga  cara pembayarannya, apakah tunai ataukah kredit. Jika pembayaran akan menggunakan sistem kredit, pilihlah skim kredit yang menawarkan bunga paling rendah. Dan biasanya perusahaan leasing juga tidak mau membiayai kendaraan yang umurnya lebih dari 5 tahun.

Pemakaian.

Jangan hanya memilih mobil berdasarkan selera saja, namun pilihlah berdasarkan fungsi dan kebutuhan. Misalnya untuk alasan jumlah keluarga yang banyak pilihlah dari jenis MPV yang seven seater, untuk pemakaian kota-kota saja pilihlah yang berjenis city car, untuk pemakaian yang bermedan berat seperti di tambang pilihlah yang berjenis double gardan (D Cab) dan lain sebagainya.

Daya tahan.

Jika anda termasuk orang yang suka gonta-ganti mobil tiap tahun, maka daya tahan tidak terlalu berpengaruh, namun jika anda berencana untuk menggunakan mobil untuk jangka waktu  yang agak lama misalnya untuk lima tahun, anda harus mencari produk dengan daya tahan yang tinggi.

Ketersediaan suku cadang.

Ketersediaan  Suku cadang ini sangat perlu, jangan sampai mobil anda akan ngendon di bengkel gara-gara ketidak tersediannya suku cadangnya. Galilah informasi ini pada temen-temen anda, internet serta bisa bertanya pada bengkel-bengkel mobil. Bandingkan juga kualitas harga serta kualitas dari partnya sendiri karena terkadang ada merk yang katanya original namun ternyata kualitas partnya di bawah kualitas pabrikanya (Original Equipment Manufacture). Apalagi bila memilih mobil yang usianya cukup tua, konsultasilah kepada mekanik / bengkel tentang ketersediaan partnya serta perawatannya.

Performa.

Hebatnya sebuah mobil tidak hanya dari seberapa besar tenaga mesinnya tetapi juga dari efisiensi bahan bakarnya, kenyamanan, pengendalian dan sebagainya. Cari referensi dari sumber independent.

Terkadang konsumen hanya melihat mobil berdasarkan penampilan eksteriornya saja, padahal kalo daya tahannya buruk,  konsumen akan keluar biaya perawatan yang besar juga. Bentar-bentar rusak, dikit-dikit rusak…. waduh lama-lama biayanya bisa mengalahkan harga mobil itu sendiri….😀

History Mobil.

Alangkah baiknya sebelum kita meminang sebuah mobil bekas, kita mengetahui riwayat dari kendaraan yang mau dibeli. Dengan mengetahui riwayat dari kendaraan yang akan kita pinang, akan mempermudah  kita untuk mengetahui kondisi dari kendaraan yang akan kita beli.

Kondisi Mobil.

Yaqinkan secara seksama kondisi dari kendaraan yang akan kita beli, Tidak hanya engine saja yang kita check, namun keseluruhan dari kendaraan itu. Mulai dari Body, Engine, Kaki-kaki, Elektroniknya. Untuk body, check kondisi catnya, check apakah ada bagian body yang penyok dll. Untuk engine, yakinkan engine masih normal, tidak kasar, tidak vibrasi berlebihan dan tidak ada rembesan oli. Untuk kaki-kaki, yakinkan kondisi shock masih bagus, yakinkan juga kondisi velg dan ban juga masih bagus dan layak. Yang tak kalah penting adalah fitur-fitur tambahan juga masih berfungsi seperti sediakala, seperti elektrik mirror, parking sensor, AC dan Audionya.

Standar Harga.

Standar harga bertujuan agar kita bisa mendapatkan harga yang pas buat kita. Standar harga bisa di lihat di web-web jual beli mobil bekas atau bisa mencari informasi ke teman. Standarisasi harga bertujuan agar kita bisa mendapatkan mobil dengan harga yang pantas…

Value For Money dari sebuah Rondho.

Sebenarnya jangan hanya melihat harga mobil dari harga yang tertera darin daftar harganya saja, tetapi kita harus tahu dengan harga itu apakah yang anda dapatkan. Harga rendah bisa jadi mahal karena nilai yang sebenarnya lebih rendah dari harga yang terlihat rendah. Jadi seandainya kita ingin membeli meminang mobil bekas, carilah mobil yang kondisinya masih bagus, semua fitur masih berfungsi dengan baik dan tawarlah sampai harga yang maksimal untuk bisa ditawar.

3 thoughts on “Tips Membeli Mobil Bekas.

  1. Tipsnya terlalu umum pak, smua juga sdh tahu yg begituan….. piss…
    Klo bisa sih dibahas yg spesifik, maksud saya: utk rentang harga sekian sampai sekian, dengan kebutuhan begini, maka merk ini – tipe ini – tahun sekian paling worth, dan seterusnya. Lalu, bahas pula: merk ini dan ini suku cadang gampang, yang ini agak susah. Berlanjut: merk ini kendalanya ini, merk itu – begitu, dan seterusnya. Usul aja: gak usah sungkan menyebut merk dan tipe, karena akan memberi gambaran yang jelas… Jadi yang gak tahu mobil sama sekali, bisa menentukan pilihan2 yang pas, seandainya akan menebus mobil seken…
    Trims, ditunggu updatenya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s