Hati-Hati Menyemir Ban Sepeda Motor Anda.

Saat ini usaha cuci motor yang lengkap dengan body kit plus semir ban sudah menjamur, dengan ongkos 10 ribu perak sepeda motor anda akan dibuat jadi kinclong. Namun bagi anda yang langganan cuci kinclong seperti ini anda kudu waspada terutama pada layanan semir ban. Ban yang sudah disemir memang akan terlihat seperti baru dan tidak kusam.

Menyemir ban memang tidak haram, namun bagian mana yang yang aman dan bagian mana yang tidak aman untuk disemir. Ban sendiri adalah bagian sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan, jadi dari sini sudah cukup jelas kalo bagian tapak atau bagian alur ban adalah bagian ban yang paling sering bersentuhan dengan permukaan jalan.

Bila bagian tapak ban atau alur ban tidak bersentuhan sempurna dengan permukaan jalan maka bisa dipastikan sepeda motor tidak akan stabil berada diatas permukaan jalan. jadi Bgian tapak ban atau alur ban ini haram untuk disemir, karena lapisan semir walaupun tipis akan menghalangi sentuhan tapak ban dengan permukaan jalan sehingga potensi sepeda motor untuk tergelincir semakin dengan kata lain justru membahayakan keslamatan dalam berkendara.

Saran saya dengan semir ban :

  1. Jangan menyemir tapak ban atau alur ban.
  2. Kalo toh agar ban kelihatan kinclong, semirlah dinding sampingnya saja.
  3. Semir tapak ban atau alur ban diperbolehkan asal hanya pada saat mau mengikuti kontes modifikasi saja, untuk digunakan harian jelas haram hukumnya.
  4. Mencegah bahaya lebih baik daripada harus celaka di jalan

Sekian dan semoga bermanfaat.

Salam;

Joe Trizilo

Berusaha berbagi walau satu huruf

7 thoughts on “Hati-Hati Menyemir Ban Sepeda Motor Anda.

  1. sip masbro, benar sekali bisa membuat telapak ban menjadi sangat licin dan bisa membahayakan. tambahan lagi untuk jok dan kedua grip gas pegangan stang kemudi itu termasuk juga gk boleh kena semir (semir khusus body, sperti mf sebut merk Kit dll).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s